Disinfektan Adalah Senyawa Efektif Membunuh Virus. Benarkah?

Disinfektan Adalah Senyawa Efektif Membunuh Virus. Benarkah?

Saat ini, kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang. Kesehatan menjadi salah satu syarat bagi seseorang untuk dapat menjalankan aktivitas yang ia miliki dengan baik.

Tanpa memiliki kesehatan yang baik, maka seseorang tidak akan bisa melakukan aktivitas yang ia miliki dan harus beristirahat untuk memulihkan kesehatan yang ia miliki.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Salah satunya adalah adanya kontaminan mikroorganisme yang bisa mengganggu fungsi dari organ tubuh seperti virus, bakteri, dan jamur.

Beberapa mikroorganisme tersebut bisa masuk melalui berbagai macam cara seperti mulut, sistem pernapasan, mata, telinga, dll. Ketika sudah masuk ke dalam tubuh manusia, mikroorganisme tersebut akan mengganggu beberapa fungsi dari organ tubuh.

Akibatnya tingkat kesehatan tubuh menjadi menurun dan aktivitas manusia menjadi terganggu.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan beberapa langkah pencegahan masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah dengan menggunakan disinfektan. Apa yang dimaksud dengan disinfektan?

Disinfektan adalah bahan kimia yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bahkan membunuh beberapa jenis mikroorganisme yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan membahayakan kesehatan manusia.

Disinfektan memiliki sifat toksik sehingga efektif membunuh mikroorganisme yang ada di permukaan benda mati. Sifat toksik ini akan sangat efektif terutama membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung.

Bahkan beberapa bakteri yang memiliki spora juga bisa dibasmi dengan menggunakan disinfektan. Proses pembasmian spora bakteri dengan disinfektan disebut dengan sterilisasi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa disinfektan adalah senyawa toksik yang dikhususkan untuk membasmi mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus. Oleh karena itu, disinfektan juga memiliki beberapa jenis tertentu.

Setiap jenis memiliki peruntukannya masing – masing sehingga pengguna harus berhati – hati dalam menggunakan disinfektan.

Jenis-Jenis Disinfektan Untuk Membunuh Mikroorganisme

Berikut ini beberapa jenis disinfektan yang sering digunakan untuk membunuh mikroorganisme.

  1. Disinfektan Klorin

Salah satu jenis disinfektan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari adalah disinfektan klorin. Bahan paling aktif dari disinfektan klorin adalah asam hipoklorit.

Disinfektan klorin memiliki keunggulan yaitu senyawanya yang mudah didapatkan di pasaran. Selain itu, disinfektan klorin juga mudah digunakan dan efektif membunuh beberapa jenis bakteri seperti bakteri gram positif dan negatif.

Proses desinfeksi dari disinfektan adalah dengan menghambat enzim yang terlibat dari metabolisme karbohidrat. Sehingga, oksidasi glukosa dari sel yang ada di mikroorganisme akan terhenti.

Akibatnya, mikroorganisme akan berhenti berkembang dan akan mati karena tidak bisa menjalankan fungsi metabolismenya dengan baik. Akan tetapi, penggunaan disinfektan klorin perlu diperhatikan.

Hal ini dikarenakan disinfektan ini memiliki sifat korosif akibat senyawa klorin yang terkandung. Sehingga, ketika berada pada suasana asam, disinfektan ini akan menyebabkan korosi pada benda yang disemprotkan disinfektan.

Selain itu, disinfektan klorin juga tidak akan efektif jika digunakan pada suasana yang basa. Hal ini dikarenakan disinfektan ini hanya bisa berfungsi dengan baik pada pH rendah atau asam.

  1. Disinfektan Iodin

Jenis lain disinfektan adalah iodin. Disinfektan ini memiliki sifat kimia yang relatif stabil sehingga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, disinfektan klorin juga dapat digunakan untuk membunuh semua jenis bakteri. Akan tetapi, disinfektan iodin hanya bisa digunakan dalam air dengan jumlah yang cukup kecil.

Selain itu, disinfektan iodin juga tidak bisa digunakan untuk membunuh spora bakteri. Disinfektan klorin juga memiliki beberapa kelemahan lain yaitu tidak bisa bekerja dengan baik pada keadaan pH netral dan tidak tahan dalam suhu yang tinggi di atas 49 0C.

Selain itu, harga disinfektan iodin juga lebih mahal dibandingkan dengan disinfektan klorin. Lantas, bagaimana cara untuk membuat larutan disinfektan iodin?

Dalam 1 liter air jernih, jumlah disinfektan iodin yang diperlukan hanyalah 2 tetes dari larutan iodin 2% yang dilarutkan dengan etanol. Disinfektan ini menjadi salah satu jenis disinfektan alternatif selain disinfektan klorin.

  1. Disinfektan Alkohol

Disinfektan alkohol menjadi salah satu jenis disinfektan yang paling familiar bagi masyarakat. Mengapa? Disinfektan ini telah lama dikenal sebagai salah satu disinfektan utama bagi peralatan medis.

Selain itu, disinfektan alkohol juga sangat mudah ditemukan di beberapa toko bahan kimia. Seperti yang telah diketahui, alkohol memiliki berbagai macam jenis senyawa.

Akan tetapi, senyawa alkohol yang paling sering digunakan adalah isopropil alkohol dan etil alkohol. Konsentrasi alkohol yang efektif digunakan sebagai adalah sebesar 60 – 90%.

Alkohol merupakan salah satu disinfektan yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan sifat alkohol yang tidak menyebabkan korosi ketika disemprotkan pada permukaan logam.

Akan tetapi, alkohol memiliki sifat cepat menguap sehingga harus dengan cepat digunakan. Selain itu, alkohol juga dapat merusak beberapa peralatan yang permukaannya dibuat dari plastik atau karet.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan disinfektan alkohol ada baiknya mengetahui jenis bahan dari peralatan yang akan dibersihkan.

  1. Disinfektan Formaldehida

Beberapa disinfektan juga menggunakan formaldehid sebagai senyawa utama. Formaldehida dapat digunakan untuk membunuh bakteri dari berbagai macam jenis karena spectrum efektivitasnya yang cukup luas.

Akan tetapi, formaldehida tidak dapat bekerja secara optimal jika terdapat senyawa organik pengganggu. Selain itu, penggunaan formaldehida juga harus dilakukan dengan berhati – hati.

Hal ini dikarenakan formaldehida memiliki sifat karsinogenik. Konsentrasi formaldehid yang disarankan untuk digunakan sebagai adalah 8%.

Selain itu, formaldehida juga dapat digunakan di permukaan yang terbuat dari logam. Mengapa? Formaldehida tidak akan menimbulkan korosi pada logam sehingga aman untuk digunakan pada benda yang terbuat dari logam.

  1. Disinfektan Fenol

Fenol juga merupakan salah satu jenis disinfektan yang sering digunakan untuk membunuh beberapa mikroorganisme. Hal ini dikarenakan fenol dapat menghancurkan dinding sel dari mikroorganisme.

Sehingga, mikroorganisme tersebut akan mati karena mengalami gagal fungsi. Konsentrasi yang disarankan untuk menggunakan fenol adalah 1 – 2% fenol yang dilarutkan dalam air.

Selain itu, fenol juga memiliki beberapa keunggulan yaitu senyawanya yang stabil sehingga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, fenol memiliki sifat toksik, penyebab iritasi, dan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, penggunaan fenol harus dilakukan secara berhati – hati.

Disinfektan Adalah Senyawa Toksik, Bagaimana Cara Penggunaannya?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, disinfektan adalah senyawa yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme. Akan tetapi, penggunaan disinfektan harus dilakukan secara berhati – hati.

Hal ini dikarenakan beberapa disinfektan memiliki sifat korosif terhadap permukaan logam. Sehingga, jika digunakan pada benda yang terbuat dari logam maka benda tersebut akan cepat rusak.

Selain itu, sebagian besar disinfektan juga akan menyebabkan iritasi terutama ketika terkena kulit atau mata. Oleh karena itu, masyarakat perlu membaca secara seksama bagaimana cara menggunakan disinfektan, dosis yang dianjurkan, serta pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan saat menggunakan disinfektan.

Jadi, pengertian disinfektan adalah suatu senyawa yang bisa kita gunakan dengan hati-hati untuk membunuh mikroorganisme, tentunya sesuai dengan dosis dan kebutuhannya.

Pesan Jasa Disinfektan Untuk Rumah, Kantor, Apartemen, Dll

 

jasa disinfectant jakarta by keyclean

KeyClean selain melayani jasa cleaning service kantor atau rumah, juga melayani jasa penyemprotan disinfektan untuk rumah, kantor, apartemen, gedung dll dengan biaya terjangkau. Didukung dengan tim yang profesional dan alat yang memadai akan membuat ruangan Anda nyaman dan bebas virus.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jasa disinfektan silahkan klik tombol dibawah ini.

 

WA jasa cleaning service