standar operasional prosedur cleaning service

Standar Operasional Prosedur Cleaning Service

Apa yang dimaksud dengan Standar Operasional Prosedur cleaning service? Apa saja layanan yang biasanya disediakan? Yuk kita simak..

Cleaning service merupakan salah satu sebutan bagi para pekerja kebersihan yang bertugas di berbagai macam tempat. Cleaning service dapat ditemukan di beberapa tempat umum seperti perusahaan, rumah sakit, restoran, sekolah, kampus, instansi pemerintah, dll.

Selain itu, ada beberapa lembaga yang membuka jasa cleaning service. Jasa ini menawarkan tenaga cleaning service yang bisa dipanggil ke rumah atau beberapa tempat lain.

Para tenaga cleaning service tersebut akan bertugas membersihkan ruangan yang diminta sesuai dengan permintaan dari klien. Selain itu, setiap petugas cleaning service juga memiliki SOP atau Standar Operasional Prosedur.

Beberapa Layanan Yang Ada di Standar Operasional Prosedur Cleaning Service

Secara umum, SOP dari cleaning service merupakan standar pelayanan yang diberikan oleh cleaning service tersebut. Sehingga, seorang cleaning service harus melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP yang diberikan. Hal ini untuk menjaga performa dan kinerja dari cleaning service tersebut.

Ada beberapa pelayanan yang diberikan oleh cleaning service dan termasuk dalam Standar Operasional Prosedur cleaning service. Beberapa pelayanan kebersihan tersebut adalah:

  1. Dusting (pembersihan debu)

Dusting merupakan sebuah proses dimana beberapa barang seperti meja, kursi, lemari, dinding, dll akan dibersihkan dari debu.

Beberapa alat yang dibutuhkan saat proses dusting adalah botol spray, lap dengan beberapa warna sesuai dengan area yang dibersihkan, dan cairan pembersih sesuai dengan barang dan area yang dibersihkan.

Proses dusting dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan, mengelap dengan menggunakan kain lap yang bersih, serta membersihkan dari area atas ke arah bawah atau bagian dalam ke luar.

  1. Dry Mopping

Dry Mopping merupakan salah satu bagian dari Standar Operasional Prosedur cleaning service. Dry mopping dilakukan untuk membersihkan permukaan lantai dari debu dan beberapa kotoran kering.

Ada beberapa alat yang diperlukan seperti lobby duster yang bersih, dust pen, dan nylon broom. Dry mopping dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu maju dengan tumpah tindih dan maju mendorong. Selain itu, dry mopping dilakukan dari area pinggir terlebih dahulu.

  1. Mopping

Mopping berbeda dengan dry mopping. Mengapa? Mopping digunakan untuk membersihkan lantai dari kotoran atau noda yang tidak bisa dibersihkan dengan dry mopping.

Ada beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan mopping yaitu cairan pembersih sesuai dengan area dan noda yang dibersihkan, bucket baik berupa double maupun single bucket, mopping stick, dan warning sign.

Untuk melakukan mopping, langkah yang harus dilakukan adalah mencampurkan cairan pembersih sesuai dengan dosis yang digunakan, mencampurkannya di dalam bucket, memasang warning sign, memulai mengepel dari area pinggir dan area yang paling jauh dari pintu keluar.

  1. Dry Buffing

Dry buffing merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh jasa cleaning service. Umumnya, layanan dry buffing ini digunakan untuk membuat permukaan lantai menjadi mengkilap.

Ada beberapa jenis lantai yang bisa dipoles dengan dry buffing seperti lantai vinyl, marmer, dan granit. Ada beberapa alat yang digunakan untuk dry buffing seperti pad putih dan high speed floor polisher.

Langkah pengerjaan dry buffing dilakukan mulai dari area pinggir ke tengah hingga ujung area. Dengan menggunakan dry buffing ini, maka lantai yang sebelumnya kusam akan terlihat lebih mengkilap dan bersih.

Layanan di atas merupakan beberapa layanan yang diberikan oleh cleaning service yang ada didalam Standar Operasional Prosedur cleaning service.

SOP Jasa Cleaning Service KeyClean

KeyClean sebagai vendor cleaning service terbaik tentu mempunyai standar kebersihan dan higienis yang tinggi dalam proses pengerjaannya. Ada 4 point utama standar pelayanan yang diberikan oleh KeyClean, yaitu :

  1. Integritas
    Wajib menjaga kode etik dan peraturan perusahaan.
  2. Professional
    Melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar serta bertanggung jawab.
  3. Improvisasi Diri
    Melakukan perbaikan terus menerus untuk meningkatkan kepuasan Pelanggan.
  4. Kepuasan Pelanggan
    Semangat melayani dan selalu memberikan yang terbaik.

Standar pelayanan yang baik dari KeyClean telah dirasakan manfaatnya oleh client corporate maupun personal. Layanan dan jasa yang diberikan mencakup semua jenis pekerjaan kebersihan seperti daily cleaning, general cleaning, disinfektan, dll.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan atau standar operasional prosedur cleaning service KeyClean, silahkan klik tombol dibawah.

 

WA jasa cleaning service